Selasa, 07 November 2017

Macam-macam Diagram



Macam-macam Diagram

            Diagram adalah suatu gambar yang bertujuan untuk memperlihatkan bahkan menerangkan suatu data yang akan kita sajikan. Definisi lain diagaram adalah sebagai lambang-lambang tertentu yang mana sering dipakai untuk menjelaskan suatu sarana, prosedur, maupun kegiatan-kegiatan yang telah biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.
            Diagram adalah suatu gambaran data yang telah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah grafik, garis atau tabel. Diagram merupakan sebuah sarana untuk mempermudah pengguna dalam menganalisis data dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Isi dari diagram biasanya berupa nominal, skala ataupun data-data statistik.
            Berikut ini adalah jenis diagram yang sering digunakan untuk mempresentasikan maupun kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari dan contoh diagram yang terdapat dalam statistika.
1.       Diagram garis
Dalam sebuah penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus umumnya disebut dengan diagram garis lurus atau diagram garis.
Dalam penggunaan diagram garis ini umumnya digunakan dalam penyajian data statistik berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Umumnya sumbu X akan menyatakan (menunjukkan) waktu pengamatan.
            Untuk sumbu Y sendiri akan menunjukkan nilai-nilai data data pengamatan dalam suatu waktu tertentu. Kumpulan dari waktu serta pengataman ini akan membentuk titik pada bidang XY.
            Kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi akan dihubungkan dengan sebuah garis lurus sehingga akan didapatkan sebuah diagram garis atau yang sering kita sebut dengan grafik garis.

2.      Diagram batang
Diagram batang merupakan sebuah diagram yang menggunakan persegi panjang sebagai alat untuk menyajikan datanya. Umumnya diagram ini dipakai untuk menggambarkan perkembangan nilai dari suatu objek penelitian dalam jangka waktu tertentu. Diagram ini menyajikan berbagai macam keterangan secara tegak ataupun mendatar dan sama lebar dengan batang-batang yang terpisah.



3.      Diagram lingkaran
Diagram lingkaran merupaka sebuah diagram yang penyajian datanya menggunakan lingkaran sebagai gambarnya. Biasanya data yang disajikan dalam diagram lingkarang berupa persen data. Dalam pembuatan diagram lingkaran, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan besaran presentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.


4.      Diagram kotak garis
Diagram kotak garis merupakan sebuah diagram yang datanya disajikan menggunakan persegi panjang disertai garis. Data statistik yang digunakan dalam menggambarkan diagran kotak garis berupa Statistik Lima Serangkai, yang terdiri dari data paling kecil dan data paling besar (ekstrim), Q1, Q2, dan Q3.


5.      Diagram batang daun
Diagram ini dapat pula digunakan sebagai contoh penyebaran suatu data. Pada diagram batang daun ini, data yang telah terkumpul akan diurutkan terlebih dahulu dari data yang berikuran lebih kecil hingga data dengan ikuran yang terbesar.


Bila kita lihat dengan seksama maka diagram ini akan terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian batang dan daun. Untuk bagian batang ini akan memuat angka-angka puluhan, sedangkan untuk bagian daun sendiri akan memuat angka satuan.
6.      Diagram gambar
Diagram gambar atau piktogram adalah diagram dimana datanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menampilkan banyak benda sesungguhnya.


1 komentar:

  1. mbet | Deposit Bonus ▷ Claim your welcome bonus dafabet dafabet 카지노사이트 카지노사이트 카지노 가입 쿠폰 카지노 가입 쿠폰 609Betway Review 2021 - Best Review & Rating in Sportsbook

    BalasHapus

Menentukan mean terkaan, mean deviasi, dan standar deviasi

A.     Mean Terkaan 1.        Nilai 180 Siswa yang Mendaftar di SMAN 3 Palopo Interval f x x` f.x` ...